Kursi Unik dari Limbah Kayu dan Velk Bekas

Mendaur ulang tidak selalu mengambil bahan dari sampah, tapi juga bisa dari limbah. Ternyata kayu limbah bisa diolah menjadi kaya seni daur ulang yang berkualitas. Tidak hanya memenuhi nilai fungsional akan tetapi tidak mengensampingkan nilai estetis juga. Begitu penting sentuhan seni sehingga dari bahan limbah akan tercipta suatu karya daur ulang yang berpotensi menjadi komoditi jual yang tinggi.
Tidak selalu daur ulang menggunakan peralatan sederhana dan ala kadarnya, bahkan terkadang mesin bantu dibutuhkan untuk pekerjaan ini. Untuk kayu contohnya, perlatan yang diperlukan seperti mesin planner, drill, sanding machine dan gergaji. Dan untuk besi meliputi, mesin gerinda dan drill.
Pada kesempatan ini kita akan mendaur ulang limbah kayu dan velk roda sepeda bekas. Dari mana kita mendapatkan kayu limbah? Anda bisa mendapatkanya di pabrik furniture kayu atau perajin berbahan kayu.  Tidak harus kayu jati atau kayu berkualitas, bahkan kayu kampung (rambutan, nangka, mangga, durian, dan trembesi ). Apakah kita perlu mengeluarkan uang untuk ini, jawabannya tergantung anda. Kalau anda membelinya yang pasti keluar dana, tapi kalau anda meminta untuk didaur ulang pemilik/perajin akan rela memberikannya pada anda. Selanjutnya yang kita perlukan adalah velk roda sepeda bekas. Anda cukup ke tukang loak atau ke tukang barang, satu velk roda sepeda kita membayarnya Rp 5.000-10.000. 
Ok...kita sudah mendapatkan bahan-bahannya, sekarang kita langsung ke tutorialnya:

Material:
1. Kayu limbah
2. Velk sepeda bekas
3. Lem kayu ( fox )
4. Mesin planner/serut, amplas
5. Politur instant ( mowilex )

Cara membuat:
 1. Serut kayu dan buatlah menjadi persegi memanjang dengan ukuran panjang 40 cm sedangkan lebar dan tebal menyesuaikan kayu limbah. Untuk ukuran velk roda sepeda dewasa anda membutuhkan sekitar 100 batang kayu. Untuk ukuran velk roda sepeda anak-anak yang diperlukan sekitar 50 batang kayu. 
2. Masukkan batang kayu ke dalam velk dan susun hingga lingkaran velk penuh. Lapisi setiap permukaan batang kayu dengan dengan lem fox. Angkat velk agar posisinya di tengah-tengah batang kayu.
3. Rapatkan batang kayu yang satu dengan yang lain agar tidak ada celah, sisipkan batang kayu bila masih ada celah atau ruang.
4. Lapisi seluruh permukaan batang kayu dengan politur instant. Direkomendasikan menggunakan mowilex politur instant karena cepat dan mudah pengerjaannya.
5. Kursi unik dari limbah kayu dan velk bekas siap dipakai.
Catatan: Kursi unik ini bisa dipakai sendiri atau bisa juga anda jual lewat iklan online gratis seperti: kaskus.com, berniaga.com dan lain-lain.

Selamat mencoba :)

About the author

Admin
Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 komentar:

Space Iklan

Template by Clairvo Yance
Copyright © 2012 Sukses Mendaur Ulang Sampah and Blogger Themes.